Tim Zeto Simp, Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 2021 UNY Raih Juara 2 Divisi Pengembangan Perangkat Lunak di Gemastik 2022.

Pusat Prestasi Nasional (puspresnas) menyelenggarakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Gemastik) ke-15 tahun 2022 di Universitas Brawijaya. Babak final diselenggarakan  pada tanggal 21 s.d. 25 November. Pelaksanaan babak final ini dilakukan secara blended. Divisi I s.d Divisi III dilaksanakan secara luring di Universitas Brawijaya, dan Divisi IV s.d XI dilakukan secara daring. Gemastik ke-15 ini diikuti oleh 224 tim dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tim Zeto Simp yang ketiga personilnya berasal dari Pendidikan Teknik Informatika 2021 UNY yaitu  Damar Albaribin Syamsu, Sadam Ahmad Nirwansyah, dan Dimas Indra Pradana berhasil meraih Juara 2 di Divisi 8 - Pengembangan Perangkat Lunak. Zeni : Guided Learning Conversation Menggunakan Karakter Virtual Dengan Model NLP GPT - 3 Dan Robust Speech Recognition” adalah produk yang berhasil mengharumkan nama UNY di kancah nasional lewat tiga mahasiswa hebat ini. Pengembangan aplikasi pelatih skill komunikasi berbahasa Inggris ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbahasa Inggris dengan penutur asli secara langsung kepada pengguna, mendorong pengguna untuk terbiasa berkomunikasi lisan menggunakan bahasa Inggris sehingga keahlian bahasa Inggris akan secara alami dipahami, serta mendorong pengguna untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan dengan baik dan tanpa rasa canggung ataupun rasa takut.

Aplikasi Zeni ini dikembangkan oleh Tim Zeto Simp untuk mempermudah semua kalangan, terkhusus kalangan muda dalam mempelajari bahasa inggris terutama dalam praktik percakapan, mewujudkan lingkungan masyarakat terbiasa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari - hari, membantu masyarakat mengembangka keahlian komunikasi bahasa Inggris yang cukup untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih layak, serta meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam berbicara bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Lewat aplikasi ini Tim Zeto Simp berharap agar produk yang sudah mereka kembangkan dapat memberi kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

“Pengalaman yang menyenangkan, dan memberikan beberapa insight yang baru bagi saya pribadi, dimana harus bekerja sama dengan tim dengan keahlian yang berbeda, dan harus membuat sebuah produk hasil dari ide ide yang awalnya mengira ga mungkin bisa diwujudkan. Sebuah pengalaman yang benar benar berkesan.  Saya berharap semoga produk ini Dapat dukungan untuk bisa dikembangkan lebih lanjut, sehingga benar - benar bermanfaat. Harapan terbesar bagi pihak kampus untuk bisa memberikan support bagi semua tim yang mengikuti ajang gemastik kedepannya,” ucap Sadam Ahmad Nirwansyah, salah satu personil Tim Zeto Simp terkait harapannya serta kesan dan pesannya. Tentunya Tim Zeto Simp mempersiapkan lomba ini selama berbulan - bulan dengan segala bentuk persiapannya. Jerih payah mereka yang tak lepas dari peran Bapak Pradana Setialana, S.Pd., M.Eng sebagai dosen pembimbing  terbayar lunas.