Dosen JPTEI Menjadi Instruktur Program Coding Teacher Academy Kominfo 2019

Sebanyak tujuh (7) Dosen JPTEI yaitu Indra Hidayatulloh, S.Kom., M.T., Nurkhamid, S.Si., M.Kom., Ph.D, Dr. phil. Rahmatul Irfan, S.T., M.T., Muhammad Izzuddin Mahali S.Pd.T., M.Cs., Dr. Aris Nasuha S.Si.,M.T., Drs. Kadarisman, M.Pd., dan Arya Sony, S.T., M.Eng., berpartisipasi sebagai Instruktur pelatihan dan sertifikasi internasional Python Certified Associate Programme (PCAP) pada Program Coding Teacher Academy (CTA) - Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kominfo. Program CTA ini diikuti oleh 2.000 Peserta yang merupakan guru bidang TIK tingkat SD, SMP, SMK, SMA, Madrasah, SLB dan sederajat negeri dan swasta. Kegiatan ini dilaksanakan di Lembaga Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika (BPPTIK Cikarang, Pusdiklat Jakarta, STMM Yogyakarta). 

Peserta kegiatan dibagi ke dalam beberapa batch dan setiap batch diwajibkan mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi selama lima (5) hari. Pada hari pertama hingga keempat, peserta menerima penjelasan materi teori dan praktik Bahasa Pemrograman Python dari instruktur. Selain itu, peserta juga harus menyelesaikan tes dan tugas untuk setiap topik materi. Pada hari kelima, peserta melaksanakan ujian sertifikasi PCAP dengan diawasi dan dinilai oleh instruktur. 

Peserta yang mengikuti kegiatan secara penuh dan lulus ujian sertifikasi akan mendapatkan sertifikat peserta kegiatan dari Kominfo dan juga sertifikat internasional PCAP. Melalui program CTA ini, diharapkan guru-guru TIK mendapatkan pengetahuan dan skill dasar terkait Bahasa Pemrograman Python sehingga dapat mengajarkannya ke siswa-siswi di sekolah mulai SD hingga tingkat SMA/SMK.